Thursday, November 10, 2011

Karakteristik Fiber Optik

Berikut beberapa karakteristik fiber Optic yang perlu diperhatikan, InsyaALLOH di Wikipedia belum ada:
  • Kecepatan komunikasi melalui fiber bergantung pada indeks refraktif bahan fiber yang menyalurkan cahaya. Semakin rendah indeks refraktif, semakin cepat cahaya lewat.
  • Cahaya bergerak melalui medium dengan memanfaatkan refleksi akibat perbedaan indeks refraksi dengan menghitung sudut kritis yang dihasilkan oleh perbedaan medium tersebut.
  • Semakin besar perbedaan indeks refraksi, semakin kecil sudut kritis. Sudut kritis yang semakin kecil menyebabkan pemasangan kabel lebih mudah, namun semakin besar sudut kritis, distorsi yang menyebabkan melemahnya yang juga akan semakin besar. Selain itu, mengarahkan cahaya dengan sudut yang terlalu kecil hanya akan menyebabkan kecepatan propagasi semakin lambat. 
  • Spektrum cahaya yang dipakai adalah spektrum cahaya tampak. Meskipun banyak sinyal dilewatkan ke saluran yang sama, hal ini tidak akan menyebabkan sinyal bertabrakan. Analoginya seperti cahaya tampak yang tercampur, ketika melewati sebuah prisma, warnanya masih bisa dipisahkan.
  • Pada kenyataannya, cahaya hanya menggunakan 1 lapisan untuk propagasi. Namun kabel fiber optic mempunyai 3 lapisan bening. Lapisan kedua dibuat untuk mencegah adanya kotoran di lapisan terluar yang menyebabkan perubahan indeks refraksi di luar lapisan pertama sehingga menyebabkan melemahnya sinyal. Sedang lapisan ketiga dibuat untuk mencegah pecahnya lapisan pertama dan kedua.

RUJUKAN:
  1. Crisp, John. Introduction to Fiber Optics. Newnes. 2001.

No comments:

Post a Comment