Saturday, June 25, 2011

Bertindak Cepat Lebih Utama Daripada Berbuat Sempurna

Pagi ini, saya ditelphon Pak Musa, untuk menemani beliau di UMM, menjaga registrasi peserta Raker Majelis Pendidikan Kader PW Muhammadiyah Jawa Timur. Akhirnya saya menemui beliau di aula hotspot, yang ternyata beliau ditemani oleh salah satu teman beliau. Ada satu hal yang menarik yang bisa saya pelajari dari beliau pada saat itu.

Menurut rencana, akan dibuatkan semacam poster dengan menggunakan printer, yang menunjukkan lokasi registrasi kepada calon peserta. Namun setelah dihubungi berulang-ulang, yang membawa printer tidak segera datang, dengan tanggap beliau langsung membuat tulisan dengan menggunakan tinta stempel, bertuliskan tempat registrasi Raker.

Cara seperti ini sangat efektif, karena pada kenyataannya, banyak calon peserta yang sudah kesasar kemana-mana, karena tidak tahu tempatnya. Dengan adanya tulisan itu, calon peserta jadi tahu kemana harus menuju.

Yang bisa saya pelajari dalam hal ini, bertindak cepat lebih utama daripada menunggu hal yang sempurna datang. Daripada menunggu printer untuk mencetak tempelan yang tidak jelas kapan datangnya, alangkah bagusnya kita langsung bertindak dengan membuat tempelan sendiri, walaupun hanya dengan tulisan tangan. Tindakan yang cepat tanggap ini sangat berpengaruh dalam kelancaran tugas.

Saya sendiri perlu mengoreksi diri, semisal, kalau tidak ada komputer sendiri tidak bisa kerja, padahal seharusnya pakai komputer orang lain pun bisa, atau juga pakai komputer lab. Kemanjaan inilah kadang yang membuat saya susah maju jika tidak ada fasilitas yang tersedia.

Semoga saya menjadi orang yang lebih cerdas dalam menyelesaikan masalah.

No comments:

Post a Comment