Saturday, June 11, 2011

Chat FB di Pidgin Tanpa Plugin

Bagi yang terbiasa dengan Pidgin dan FB, mungkin sudah familiar dengan penggunaan Plugin FB untuk Pidgin. Namun, sebenarnya ada cara lain untuk tetap bisa menggunakan chat di FB dengan Pidgin, yakni dengan menggunakan port XMPP. Sama seperti Google, dan kebanyakan aplikasi chat OpenSource, FB juga menggunakan port XMPP agar chat yang dimilikinya bisa digunakan oleh developer ketiga.

Berikut cara konfigurasi chat di FB dengan menggunakan Pidgin:
Pertama, masuk ke menu Accounts --> Manage Account. Setelah itu tekan tombol Add. Setelah itu, pada bagian protocol, pilih protokol XMPP.

Untuk username, masukkan USERNAME@chat.facebook.com, bukan login ketika masuk FB. USERNAME ini bisa dilihat ketika masuk ke profile apabila mengakses site FB. http://www.facebook.com/USERNAME. Bagaimana kalau ternyata yang muncul seperti ini http://www.facebook.com/?profile=NOMOR. Hal ini terjadi karena username-nya memang belum diisi. Karena di FB memang boleh diisi boleh tidak. Kalau yang muncul seperti di atas, isi dulu username pada konfigurasi profile, atau gunakan username u_NOMOR@chat.facebook.com.

Setelah username dan password sudah dimasukkan, masuk ke tab Advanced. Masukkan Port 5222, dan Proxy proxy.jabber.org. Setelah itu, simpan konfigurasi dan chat FB bisa dipakai.

No comments:

Post a Comment