Friday, April 2, 2010

Menumbuhkan Suasana Hati Yang Menyenangkan Untuk Belajar


Waduh, suasana hatiku masih gak enak buat belajar. Suasana hati seperti itu memang sering muncul, biasanya disebut bad mood. Daripada kita menyalahkan suasana hati seperti itu, bagaimana kalau kita ciptakan suasana hati yang menyenangkan untuk belajar atau good mood.

Foto di atas, saya ambil dari foto ruag kerja (baca: tempat belajar) teman saya, Hadziq, yang saya lihat termasuk orang yang senang belajar. Lihat kerapiannya, dan lihatlah warna favoritnya. :D

Oke, lanjut. Berikut ini beberapa tip menumbuhkan suasana hati yang menyenangkan untuk belajar:
  • Bersihkan hati dengan membersihkan ruang kerja. Sebelumnya, yang saya maksud ruang kerja, bukan berarti sebuah ruangan, tapi juga bisa berarti cukup meja tempat kamu belajar. Ruang kerja yang semrawut, seringkali membuat tidak fokus, yang mana yang akan dikerjakan.

  • Hiasi ruang kerjamu dengan warna favoritmu. Bisa menenangkan hati.

  • Siapkan semua yang kamu butuhkan di ruang kerjamu. Siapkan semua, tapi jangan biarkan yang tidak berhubungan berada di meja kerjamu.

  • Siapkan air putih, untuk menjaga kesegaran badan.

  • Siapkan makanan agar perutmu tidak lapar, tapi jangan makanan yang mengenyangkan.

  • Jangan lupa berdo'a dengan penuh penghayatan.

  • Jika capek atau bosan, jangan nonton TV, tapi cukup dengan peregangan, atau mungkin buat minuman sederhana, semisal kopi atau susu, atau bisa juga dengan membaca al-Qur'an beberapa ayat. Nonton TV cenderung melupakan fokusmu saat ini. Seringkali FB juga melalaikan.

  • Jika sudah benar-benar capek, tidur.


Ada yang bisa menambahkan?

6 comments:

  1. .

    Nambahin mas . :)

    1) Biasakan selalu memulai aktivitas dengan baca doa terlebih dahulu . Bagi rekan-rekan muslim bisa direpresentasikan dengan baca Bismillah dan doa sebelum belajar ~

    2) Siapkan sebotol air mineral di meja kerja . Kondisi penat dalam pikiran atau lelah mata bisa disembuhkan dengan minum . Diawali dengan baca bismillah juga tentunya . InsyaAllaah ^^

    3) Apabila sudah benar-benar bosan dengan stagnansi kondisi lingkungan belajar , sangat disarankan untuk keluar rumah sebentar: olahraga ringan , beli makan atau sholat jamaah di masjid . :) . Menurut John Medina dalam Brain Rules-nya , otak itu akan bekerja maksimal dalam kondisi emosi dan spritual yang positif serta dalam kondisi lingkungan yang dinamis . :)

    wallaahu a'lam bi ash-showab .

    ReplyDelete
  2. Nomor 3, sudah ada pada tulisan saya, tapi saya kurang setuju kalau sholat jama'ah sebagai obat kebosanan, kalau adzan ya sholat jama'ah.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. .

    hho ,
    saya kurang teliti rupanya . :D
    itu juga yang poin 2 saya , yang tentang air minum , sepertinya juga sudah samean tulis . x)

    anyway , yang saya sorot tentang sholat di masjid itu bukan masalah sholatnya , tapi masalah perjalanannya . perjalanan menuju masjid , menuju toko makanan , dsb . :)

    ReplyDelete
  5. Dua yang di atas yang sampeyan tambahkan itu memang sebelumnya belum ada, barusan saya update. :D

    ReplyDelete
  6. Ikut nambah, background destop diganti foto pacar biar semangat :)

    ReplyDelete