Wednesday, December 4, 2013

Dilema Asas Pembuktian Terbalik

Ketika beberapa kali kasus korupsi muncul, saya melihat KPK sepertinya main tangkap dulu, walaupun di ujung perkara memang sang pelaku terbukti melakukan korupsi. Apa akar masalahnya? Ternyata metode yang digunakan untuk mengungkap korupsi menggunakan asas pembuktian terbalik. Pembahasan penggunaan metode terbalik ini selalu jadi bahasan, ada yang pro dan ada yang kontra.

Bagaimana dengan saya sendiri? Jujur saja, saya termasuk yang kontra dengan asas pembuktian terbalik ini. Namun bukan berarti saya menentang KPK, karena bagi saya, KPK sudah melaksanakan amanah undang-undang dan hanyalah pelaksana undang-undang. Dan sekalipun saya kontra, saya juga tidak bisa memberikan solusi yang lebih baik, mengingat begitu sulitnya pembuktian korupsi ini.

No comments:

Post a Comment