Saturday, December 10, 2011

Beriman: Menciptakan Kondisi Seaman Mungkin

Sebuah hal yang menarik tentang keimanan, ternyata adalah kita harus berusaha menciptakan kondisi "aman" sebaik mungkin. Hal ini bisa terbaca dari Surat al-Baqarah ayat 283, yang memanggil semua orang yang beriman. Ayat ini menunjukkan bahwa orang beriman tidak berarti tidak boleh meminta bukti, bahkan di ayat tersebut sangat dianjurkan.

Betapa banyak dari kita yang berkata, "Masa tidak percaya sih?". Bahkan ayat tersebut menunjukkan bahwa meskipun percaya pun kita perlu bukti. Begitu pula keimanan, keimanan adalah rasa percaya. Keimanan buta, yakni keimanan tanpa hujjah, adalah sesuatu yang salah. Tidak salah kiranya, Ibrahim pun meminta bukti pada Tuhannya. Apakah Tuhannya tidak dipercaya? Sebaliknya, Tuhannya pun mengijinkan.

Keimanan haruslah menjadikan perasaan kita aman. Termasuk di dalamnya aman dari keraguan terhadap apa yang kita imani. Dan itu adalah hak yang diberikan oleh ALLOH kepada setiap manusia. Dan seringkali bukti itu didapatkan dengan menanyakan keimanan kita hingga keimanan itu menjadi semakin mantap, bukan sekedar keimanan yang didapatkan dari turunan.

No comments:

Post a Comment