Thursday, October 21, 2010

Kagebunshin No Jutsu dan Teknik Belajar


Kage Bunshin No Jutsu adalah jurus yang biasa digunakan Naruto untuk menggandakan diri. Naruto sendiri baru mengetahui kelebihan jurus ini untuk digunakan sebagai teknik belajar setelah diajari oleh gurunya Kakashi. Dalam teknik belajar, Naruto menggandakan dirinya, kemudian clone-nya ikut mempelajari hal yang sama yang nanti. Pengalaman masing-masing clone tadi, akhirnya menjadi pengalaman Naruto. Kelemahan jurus ini adalah menghabiskan cakra atau tenaga yang sangat besar.

Dalam konteks belajar saya sebagai seorang pengajar, sering melakukannya. Ketika membuat suatu materi tentang pemrograman misalnya, seringkali, ketika membuat program contoh, saya tidak pernah mengalami error yang terlalu berarti, tidak bermaksud sombong, sehingga ketika ditanya oleh anak didik tentang error yang dibuatnya, saya malah tidak bisa menjawabnya.

Bagaimana solusinya? Solusinya, saya membuat sistem demo one-on-one. Dengan sistem demo ini, saya mendapatkan sebuah keuntungan, saya jadi memahami error yang mereka buat, yang tidak saya lakukan, bahkan bisa jadi mereka mengerjakan dengan sebuah teknik baru yang lebih bagus daripada yang biasa saya pakai yang tidak terduga oleh saya. Jadi, secara tidak langsung, mereka adalah clone saya yang menambah ilmu saya tentang membuat sebuah program, dan bagi mereka, Insya ALLOH, mereka jadi tahu kesalahan yang mereka lakukan juga. Tentu saja, demo one-on-one ini sangat melelahkan sebagaimana Kage Bunshin no Jutsu. ;)

Bagaimana melakukannya untuk para penuntut ilmu? Saya kira, ini yang disebut sebagai belajar kelompok.

3 comments: