Friday, December 2, 2011

Resume Yang Tebal

Beberapa waktu lalu, saya memberi tugas mahasiswa saya untuk mencari jurnal dan kemudian membuat resume. Sebenarnya saya cukup kecewa melihat hasilnya. Mengapa? Karena yang terjadi adalah banyak di antara mereka yang meng-copy-paste sebagian tulisan di jurnal tersebut, untuk kemudian ditaruh di resume-nya.

Resume sendiri adalah deskripsi singkat dari ringkasan. Sebenarnya tidak perlu banyak, setengah halaman cukup. Jurnal sendiri adalah sebuah ringkasan dari permasalahan yang tebal. Saya selalu mewanti-wanti mahasiswa saya, dalam membuat sebuah tulisan, bahkan coding sekalipun, jangan copy-paste. Tapi baca tulisan tersebut, atau coding tersebut, dan pahami lalu tuliskan sendiri dengan gaya sendiri. Sebenarnya plagiarism, bukan masalah tulisan tersebut menceritakan hal yang sama, tapi lebih ke masalah tulisan tersebut adalah tulisan yang sama.

Perbedaan antara yang menulis sendiri dan copy-paste akan sangat kentara. Tinggal di test saja untuk menceritakan ulang yang dibaca.

Sekali lagi, saya selalu mengingatkan, baca tulisannya, kemudian tulis dengan gaya sendiri.

No comments:

Post a Comment