Friday, December 2, 2011

Keaktifan Menulis

Kalau saya lihat, keaktifan saya menulis di blog ini, jauh sangat berkurang dibandingkan dengan ketika saya mahasiswa dulu. Ada beberapa hal yang saya anggap menyebabkan hal tersebut. Pertama, sejak saya menulis Tugas Akhir waktu menjadi mahasiswa S1, saya berusaha menulis semuanya dengan rujukan, sehingga ketika rujukannya kurang, saya batal menerbitkannya. Cukup banyak sebenarnya tulisan saya di blog ini yang masih dalam draft kemudian tidak saya munculkan karena kurangnya referensi. Bagi saya, menulis saja, tanpa referensi yang jelas, itu mudah. Banyak sekali ide di kepala saya yang bisa saya tumpahkan di blog ini. Namun, mana tanggung jawab saya. :D

Kedua, kemunculan Microblogging, semacam Twitter atau Status di Facebook. Dulu, segalanya saya taruh di blog, sekarang, kalau menurut saya terlalu pendek untuk ditaruh di blog, biasanya saya taruh di Status Facebook, walaupun menurut saya sebenarnya cukup bagus untuk ditaruh di blog agar dibaca oleh umum. Semisal, kata-kata motivasi. Tapi entah mengapa, sejak munculnya differensiasi jenis blog, secara reflek, saya juga membedakan lokasi postingan saya berdasar panjang postingan, padahal FB termasuk yang saya setting agak ketat privacynya, meskipun tidak sangat ketat. Bisa saja saya jadikan FB tersebut konfigurasinya bebas dilihat semua saja, hanya saya khawatir, karena mindset FB adalah status, maka saya tanpa sengaja memunculkan status yang tidak seharusnya dibaca khalayak umum.

No comments:

Post a Comment