Monday, May 16, 2011

Hebatnya Mahasiswaku

Kalau saya ditanya, apakah mahasiswa saya cerdas-cerdas? Saya jawab, Ya. Karena pada kenyataannya, mahasiswa saya memang cerdas-cerdas. Hanya saja tidak sedikit yang "bermasalah". Kata "bermasalah" ini saya kasih tanda kutip. Sebagai misal, ada mahasiswa saya yang cukup pandai, bahkan untuk coding, sangat bagus sekali. Tapi apa yang terjadi, ketika dia memperlihatkan ke saya, sangat bagus sekali, kalau ke asisten yang menilai, di malah jelek sekali. Setelah ditelusuri, ternyata dia tidak suka kuliah di informatika, akhirnya ketika demo ke asisten, dia sengaja menjelek-jelekkan hasilnya. Lho, buat apa dia coding sebelumnya, ternyata hanya untuk menghilangkan penasaran terhadap tugas yang saya berikan. Waduh!!!

Sebagai staff pengajar, menyelesaikan permasalahan seperti ini, jauh lebih melelahkan daripada mengajar itu sendiri. Perhatian terhadap mereka dengan pendekatan personal-lah yang akan menjadikan mereka mau mengasah diri mereka lebih baik.

1 comment:

  1. hahaha.. semoga saya termasuk sepersepuluh mahasiswa itu pak.. :P

    ReplyDelete