Wednesday, January 5, 2011

Menampilkan Gambar di Java

public class showingImage {
    public static void main(String[] args) {
        BufferedImage gambar = null;
        Image gambar2 = null;

        try {
            gambar = ImageIO.read(new File("/home/kholimi/Pictures/Flowers_1280x960_right.jpg"));
        } catch (IOException e) { }

        gambar2 = gambar;

        JFrame frame = new JFrame("Display image");
        Panel panel = new ShowImage(gambar2);
        frame.getContentPane().add(panel);
        frame.setSize(500, 500);
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        frame.setVisible(true);
    }
}

class ShowImage extends Panel {
    Image image;

    public ShowImage(Image image) {
        this.image = image;
    }

    @Override
    public void paint(Graphics g) {
        g.drawImage( image, 0, 0, null);
    }
}

Kode di atas terdiri dari dua bagian. Bagian pertama untuk mengambil data gambar, yakni pada baris 6-8. Bagian kedua untuk menampilkan data gambar ke layar setelah diambil, yakni pada baris 12-16 dan dibantu oleh class ShowImage.

Untuk mengambil data gambar, maka data asli gambar diubah menjadi objek BufferedImage. Objek BufferedImage ini yang nanti bisa diedit, untuk kemudian ditampilkan oleh Panel setelah diubah menjadi objek image, atau disimpan kembali sebagai file.

No comments:

Post a Comment