Friday, July 13, 2007

Perbandingan Beberapa Distro Periode Tengah Tahun 2007

Bismillah

Oke, ini beberapa pendapatku mengenai perbandingan beberapa distro. Kondisi pemakaian adalah untuk presentasi dan mencetak dokumen serta membuat beberapa tulisan dengan tulisan. Distro di sini bukan berarti distro linux, tapi juga berarti versi windows. Selain itu, ada kondisi lain, saya fakir bandwidth, jadi tidak terlalu banyak download aplikasi, karena biaya download menjadi lebih mahal daripada biaya beli cd. Selain itu, perbandingan ini digunakan untuk yang berusaha keluar dari lingkaran pembajakan tapi tidak ingin membuang-buang waktu untuk otak-atik yang tidak perlu.

PERBANDINGAN

Windows XP Professional

Karena saya tidak pernah memakai Windows XP Home, jadi mohon maaf saja, kalau ada yang tidak tepat.

Keperluan kantor, tidak perlu bingung, download saja iso The Open CD. Biayanya, 2/3 bulan jatah bandwidth. :P
Sudah cukup kok untuk urusan kantor. Asal bukan untuk percetakan atau desain grafis professional. Untuk hal ini, Photoshop masih lebih bagus daripada The GIMP, Ilustrator dan corel draw masih lebih bagus daripada inkscape. Tapi tentunya juga keluar biaya lebih mahal

Mengetik dengan fasilitas multilingual, bagus, tinggal menambahkan pada bagian region di control panel. Ma'af lupa tepatnya, karena saat ini ngetik pake Feisty. Namun kabarnya, fasilitas ini tidak ada di Windows XP Home.

Deteksi projector, bagus, colokin langsung jalan.

Printer juga banyak yang jalan.

Harga: sekitar 3,5 juta. Terlalu mahal bagi fakir seperti saya. Adapun harga Windows XP Home, sekitar 1 jutaan.

Kendala lain, virus. Namun AVG (Anti Virus Gratis :D ) sudah cukup mumpuni kok. asal rajin update. dan setting anti virus-nya, kalau gak bisa diperbaiki, hapus saja file-nya. Juga matikan fasilitas auto recovery-nya.

Linux OpenSUSE 10.2

Fasilitas kantor, sama seperti aplikasi yang saya sebutkan di bagian Windows XP, ada semua. Maklum, aplikasi di The Open CD kan aplikasi Open Source.

Mengetik dengan fasilitas Multilingual, install saja skim.

Deteksi Projector bagus. Begitu pula printer. Juga banyak hardware lain.

Harganya, sekitar Rp. 30.000,- di Toko Baliwae.

Sayang, speednya lemoot banget.

Ubuntu Feisty

Aplikasinya jauh lebih banyak daripada aplikasi di OpenSUSE. Itu kalau punya 4 DVD repository-nya. Total CD ubuntu plus DVD Repository-nya sekitar 50 ribuan di Toko Baliwae. Sekali lagi, sebagai fakir bandwidth, ini jauh lebih murah. Dukungan multilingual, otomatis ada.

Memang sih, cukup cepat, meskipun tidak secepat Knoppix, tapi setting projector, payah, harus otak-otik setengah hari supaya jalan. Setting Printer, juga payah. Kalau setting printer saja payah, bagaimana dengan hardware lain? :(( Ingat, ini untuk kebutuhan presentasi dan cetak-mencetak. Namun, karena saya sudah biasa otak-atik Linux, saya lebih memilih Ubuntu daripada OpenSUSE.

IN THE END

Terserah pilih yang mana, untuk awam, saat ini, saya kok lebih menyarankan pakai windows XP Home ditambah dengan aplikasi dari The Open CD. Karena harga dan kebutuhan pemakaian yang masuk akal. Kalau beli MS Office, Photoshop, dsb, seperti menembak lalat dengan meriam. :D

4 comments:

  1. mas, posting caranya setting printer sama projector di feisty donk,,, :D

    ReplyDelete
  2. Untuk projector, sudah pernah di sini.
    Untuk printer, akan saya usahakan.

    ReplyDelete
  3. Kenapa ya saya kok males pindah dari windows family?

    ReplyDelete