Mendengar kabar Koprol yang akan dimatikan[1] akhir-akhir ini membuat saya merenung. Tampaknya, banyak sekali produk-produk yang sejenis dengan layanan yang diberikan oleh pembeli produk tersebut yang kemudian dimatikan.
Strategi-strategi yang sama tampaknya sering dilakukan. Yahoo! sendiri sebelumnya membeli Delicious[2], sebuah layanan bookmark halaman web, padahal saat itu, Yahoo sendiri sudah memeiliki layanan yang serupa. Tidak lama setelah pembelian tersebut, Delicious dimatikan / dilemahkan[3]. Bagaimana dengan Koprol? Yahoo! sendiri punya Yahoo! Profile. FB sendiri pernah membeli Snaptu untuk dimatikan karena Snaptu banyak meningkatkan trafik Twitter.
Bagi saya, jika memang produk anda punya potensi mengalahkan salah satu perusahaan besar, JANGAN DIJUAL! Karena bisa jadi mereka menganggap, apa gunanya produk lokal, kemudian dimatikan. Karena pada akhirnya, bisa saja anda yang kecewa, dipecat dari perusahaan yang didirikan sendiri.
REFERENSI:
No comments:
Post a Comment