Friday, January 21, 2011

Bekerja (Seolah) Di Luar Bidang - Sebuah Jawaban Untuk 3 Idiot

Ada sebuah pernyataan menarik dalam film 3 idiot. "Jika ingin mengambil MBA, mengapa harus Insinyur dulu." Salahkah hal itu? Saya jawab hal itu bukan hal yang mutlak salah.

Ada sebuah cerita menarik. Seorang lulusan fisika, diterima kerja di bank. Tahu mengapa? Karena tidak ada lulusan ekonomi (atau sedikit) yang sanggup menganalisa suatu permasalahan ekonomi dengan menggunakan sebuah rumus, yang ternyata rumus itu aslinya dari bidang fisika. Nah lho. Salah jurusan?

Film jangan dipercaya 100%. Itu saja pendapat saya. Setelah lulus dari jurusan anda, terserah anda. Mau ambil jurusan ekonomi, jurusan sejarah, atau apa saja, terserah kita. Jurusan Informatika kemudian lari ke jurusan sejarah. Salahkah? Gak salah. Apalagi anda tipe orang yang suka mata kuliah keamanan terutama enkripsi. Anda akan menemukan, mata kuliah bidang ini sangat bermanfaat untuk menerjemahkan bahasa yang telah musnah.

Ingin menjadi wirusahawan? Lulusan Informatika bisa belajar dari kuliah E-Bisnis, MPPL, Data Mining. Terutama pola pikir dari ketiga mata kuliah tadi. Suka astronomi, coba pelajari masalah-masalah di bidang multimedia, terutama Digital Signal Processing, atau Digital Image Processing, penemuan planet akhir-akhir ini melibatkan bidang tersebut karena keterbatasan lensa.  Selama anda senang dengan bidang yang anda geluti, hal itu InsyaALLOH baik.

2 comments:

  1. kalau bidang minat jaringan selain enkripsi ada lagi ndak pak, menurut pandangan bapak. seperti misalkan kompresi, atau qos...

    ReplyDelete
  2. Belum tahu juga, kalau kamu tahu beritahu aku ya.

    ReplyDelete