Tuesday, November 20, 2007

Apakah Saya Termasuk Orang-orang yang Berbuat Ihsan?

Bismillah ar-Rahman ar-Rahim

Apakah saya termasuk orang-orang yang berbuat ihsan? Dari ayat-ayat dalam posting sebelumnya, saya mendapatkan definisi berikut:

[1] Orang yang berbuat ihsan adalah orang-orang yang apabila membalas perbuatan, tidak melakukannya secara berlebihan.
Hal ini bisa dilihat dari surat al-Baqarah (2) ayat 194-195 di mana ketika orang-orang yang berbuat ihsan diserang, maka mereka diperbolehkan membalas dengan seimbang.

[2] orang yang berinfak di waktu luang maupun sempit.
Hal ini bisa dilihat dari surat Ali Imran (3) ayat 134.

[3] orang yang bisa menahan amarahnya dan mampu memaafkan.
Hal ini juga bisa dilihat dari surat Ali Imran (3) ayat 134.

[4] orang-orang yang apabila dikhianati oleh orang-orang yang berasal dari suatu kelompok, maka dia tidak membalas pada seluruh komponen kelompok tersebut, namun hanya membalas pada yang berkhianat. Adapun yang tidak berkhianat, maka orang-orang yang berbuat ihsan akan memaafkan.
Hal ini bisa dilihat dari surat al-Maidah (5) ayat 13.

[5] orang-orang yang beriman dan bertaqwa serta tetap istiqamah terhadap iman dan taqwanya.
Hal ini bisa dilihat dari surat al-Maidah (5) ayat 93.

Pertanyaannya. Apakah saya termasuk golongan ini? Semoga saja saya bisa termasuk dalam kelompok orang-orang yang berbuat ihsan. Aaamiiin. Tapi sepertinya kok butuh perjuangan berat dan panjang ya (istiqamah).

Bersambung ...


Oleh:
Ali Sofyan Kholimi


Artikel sebelumnya ...

5 comments:

  1. pak bukankah nabi pernah bersabda bahwa ketika ditampar pipi kananmu maka berikanlah pipi kananmu..bukankah itu berarti kita tidak boleh membalas kejahatan yang kita terima dengan hal serupa. Tapi saat kejahatan itu sudah benar-benar lalim dan bukan hanya kita sebagai pribadi yang diserang tapi kepentingan seluruh manusia Islam tentunya, baru diwajibkan membalas. Mungkin untuk poin pertama butuh penjelasan yang bagi saya tidak cukup satu atau dua kalimat.

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf, saya belum pernah tahu hadits yang saudaraku sebutkan kecuali dari Bibble yang bercerita mengenai Nabi Isa.
    Atau ada referensi yang tidak saya ketahui?

    ReplyDelete
  3. Tambahan:
    Dalam point pertama tersebut, saya tuliskan bahwa "diperbolehkan" bukan "diwajibkan".

    ReplyDelete
  4. saya butuh email aja pak daripada harus nge-blog kan ada urusan yang nggak perlu diblog

    ReplyDelete
  5. Y M : k h o l i m i [ a t ] y a h o o [ d o t ] c o m

    ReplyDelete