Friday, May 28, 2010

Akhlak Muslim Sebagai Netizen (Pengguna Internet)

Bismillah ar-Rahman ar-Rahim

Dalam berinternet, saya menemukan banyak sekali umat muslim, termasuk diri saya sendiri, yang kurang menghormati akhlak yang diperintahkan dalam al-Qur'an:

Tabayyun
Bagian mana dari tabayyun ini yang kurang dilakukan? Yakni kebiasaan langsung mem-forward sebuah informasi atau berita tanpa memeriksa kebenarannya. Meskipun berita itu terdengar baik. Jika berita atau informasi tersebut merupakan kabar buruk, maka bisa jadi kita menimpakan suatu fitnah kepada orang lain. Di sisi lain, kalau berita atau informasi tersebut merupakan kabar baik, bisa jadi kabar baik itu malah mempermalukan umat Islam jika tidak terjadi kebenaran dari berita tersebut.

Oleh sebab itu, hendaknya kita melakukan konfirmasi kepada yang membuat informasi atau orang yang disebut dalam informasi tersebut, meskipun yang memberi kabar orang yang kita percaya. Karena saya sering menjumpai, bahkan orang yang saya percaya itu ternyata hanya meneruskan suatu berita tanpa mengecek kebenarannya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.
[QS. al-Hujurat (49): 6]

Etis
Jaga etika dalam berkomunikasi. Jangan sembarang mengumbar keburukan orang, dan gunakan kata-kata yang sopan. Hal ini sering terjadi ketika kita berbeda pandangan dengan seseorang, alih-alih kita tetap berargumen dengan sebuah argumen, kita malah berargumen dengan sesuatu yang bukan pokok permasalahan yang diperbincangkan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّن قَوْمٍ عَسَىٰ أَن يَكُونُوا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِّن نِّسَاءٍ عَسَىٰ أَن يَكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّ وَلَا تَلْمِزُوا أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُولٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
[QS. al-Hujurat (49): 11]

Jaga etika komunikasi dengan lawan jenis.

قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara furuuj mereka; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".
[QS. an-Nuur (24): 30]

Filter
Hendaklah melakukan filter terhadap informasi yang ada, terutama bagi orang tua yang anaknya sudah menggunakan internet, karena banyaknya konten yang tidak cocok bagi anak bertebaran di dunia maya pada khususnya dan muslim pada umumnya. Beberapa provider menyediakan layanan internet versi berinternet dengan sehat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
[QS. at-Tahriim (66): 6]

Tetap produktif
Jangan sampai terlalu asik ber-internet malah menjadi malas bekerja.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِن فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
[QS. al-Jumu'ah (62): 10]


Wallahu 'alam bish shawwab.


Oleh:
Ali Sofyan Kholimi

No comments:

Post a Comment