Saturday, February 2, 2008

Beda Laki-laki dan Perempuan Dalam Mencari Jodoh

Bismillah ar-Rahman ar-Rahim

Pernah lihat kolom kontak jodoh di koran-koran. Yang menarik perhatian saya adalah bahwa jumlah perempuan yang mencari lebih banyak daripada laki-laki yang mencari.

Mengenai ini, berdasarkan pengalaman saya, mungkin disebabkan beberapa hal. Ingat, hanya berdasarkan pengalaman saya.

Pertama, dari pihak laki-laki. Laki-laki, menurut saya, cenderung mencari perempuan yang kurang lebih 3-5 tahun lebih muda. Dan mereka menikah, ketika ada pada usia antara 24-27 tahun, karena alasan belum mampu secara finansial. Laki-laki cenderung malu terhadap kemampuannya jika tidak mampu menghidupi perempuan lebih baik.

Kedua, dari pihak perempuan. Berbeda dengan jaman dulu, yang pilihan jodoh ditentukan oleh orang tua. Jaman sekarang, perempuan cenderung menunda pernikahannya. Mereka seringkali menunggu setelah lulus kuliah. Sehingga, mereka juga mencari jodoh pada usia antara 22-25 tahun.

Di sinilah yang menurut saya, membuat laki-laki dan perempuan sulit menikah. Pertama, karena laki-laki ingin yang muda. Kedua, perempuan belum ingin menikah.

Siapa yang paling rugi dalam hal ini? Menurut saya, dalam hal ini, yang paling rugi adalah perempuan. Mengapa? Karena kemampuan kekuatan laki-laki lebih tahan lama daripada perempuan. Makanya jangan heran, laki-laki berumur 60 tahun pun masih bisa menikah dengan daun muda. Sebaliknya, jarang sekali ditemui, perempuan umur 60 tahun mendapatkan daun muda. Ketika perempuan sudah di atas 30 tahun, maka sudah akan jarang laki-laki yang mau meliriknya. Sebaliknya, laki-laki umur 40 tahun pun masih banyak perempuan yang tertarik. Hal ini pula yang membuat kaum laki-laki sedikit lebih sombong.

Melihat hal ini, saya menjadi tidak heran, kalau di kolom kontak jodoh, lebih banyak perempuan yang memenuhi kolom tersebut.

6 comments:

  1. hmm ..
    jadi ingat dulu pernah berdialog dengan teman (cewek)..
    cewek tinggal nolak atau nrima ..
    cowok harus nyari ...

    kenyataanya (CMIIW).. sayida khadijah .. penghulu para wanita surga.. seorang saudagar kaya .. lebih memilih untuk 'mencari' ... dalam artian beliau yg melamar Muhammad bin Abdullah .. wallahu a'lam

    ReplyDelete
  2. hmmm...
    gitu yah tipikalnya anak jaman sekarang :D

    sampean kapan bos? Mei ta?

    ReplyDelete
  3. @nra

    gak gelem aku nek MEI, kudu MUST. masiho ora weruh kapan.

    ReplyDelete
  4. @pribadidewa

    Jangan menuntut yang cewek saja yang proaktif, kamu juga.

    ReplyDelete
  5. mau tua atau muda, mau tua dan muda, sing penting puas... :D

    dan yg jelas, usaha dong.. dan ingat pacaran itu bukan sebuah usaha mencari jodoh.. :p

    ReplyDelete
  6. bukan cuma proaktif .. tapi provokatif

    ReplyDelete